Memahami Secara Detail Mengenai Olahraga Jalan Cepat

hondavfrclub.org – Atletik atau yang biasa dikenal sebagai jalan cepat adalah sebuah langkah yang dilakukan dengan cara terus menerus. Sehingga saat berjalan cepat kontak telapak kaki dengan tanah tidak akan pernah terputus. Jalan ini termasuk dalam gerakan maju atau lokomosi yang lebih efisien, yang melalui tuas atau tungkai kaki yang ditopang dengan pinggul.

Dimana pada gerakannya yang khas juga diimbangi dengan gerakan dari kedua lengan tangan. Walaupun kelihatanya berkesan sederhana, namun olahraga ini memiliki beberapa teknik yang khas. Seperti halnya teknik gerakan kaki topang pada jalan cepat, yang terbagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya tahap topang depan, topang belakangtopang ganda dan beberapa tehnik lainnya.

Teknik-Teknik Yang Biasa Digunakan

  1. Topang Depan

Tahap tahap depan merupakan salah satu tehnik pertama yang ada pada olehraga tersebut. Tehnik ini merupakan salah satu prinsip dasar sebuah gerakan pada jalan tersebut. Yang mana dalam gerakannya kita perlu menempatkan kaki depan dengan gerak penyiapan ke belakang. Tehnik ini dinilai penting, karena topang depan juga termasuk fase utama dalam jalan pendek.

  1. Topang Belakang

Sedangkan pada tahap topang belakang, fase ini dilakukan dengan posisi tungkai topang yang masih tetap lurus. Dimana kaki dari tungkai topang akan mengarah ke bagian depan, dan akan menggulir ke sepanjang sisi. Tepatnya ke bagian sisi luar telapak kaki, hingga bagian ujung jari kaki kita. Atau bisa diakhiri dengan diangkatnya kaki dan lepas dari permukaan tanah.

  1. Topang Ganda

Dalam tahap topang ganda, kita bisa melakukanya dengan cara memulainya menggunakan kaki kiri depan. Yang mendarat pada tumit tanah dengan lunak. Sedangkan pada bagian kaki sisi belakang kita posisikan dalam keadaan tumit diangkat.

  1. Tahap Ayunan Keki Belakang

Memasuki tahap ayunan kaki belakang, kita bisa memulainya dari jari-jemari kaki yang mulai meninggalkan permukaan tanah. Dan diakhiri ketika kaki telah mencapai tahap dimana akan menopang kaki secara vertikal. Kemudian kaki harus berayun secara kendor, dan tepat di atas tanah.

  1. Tahap Ayunan Kaki Bagian Depan

Untuk tahap selanjutnya kita masuk pada ayunan kaki bagian depan. Dimana tehnik ini bisa dimulai pada saat kaki berayun pada posisi vertikal, dan akan berakhir pada saat tumit menyentuh ke permukaan tanah dengan sempurna.

Baca Juga :

Namun perlu kita ketahui bahwa selain dari gerakan kaki, Anda juga harus memperhatikan beberapa gerakan anggota tubuh lain. Seperti pinggang, lengan, tubuh, bahu, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Dan itulah beberapa tehnik yang perlu kita perhatikan saat melakukan gerakan kaki topang pada jalan cepat. Tahapan demi tahapan tersebut dinilai penting karena termasuk bagian dari proses atau cara kerjannya.