Cara Ternak Kutu Air dengan Mudah untuk Pakan Ikan

hondavfrclub.org – Kutu air kerap dianggap sebagai hewan tidak berguna dan cenderung merugikan. Ternyata hewan ini dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan, seperti ikan hias, ikan cupang, atau ikan guppy. Selain itu, bisa juga dijadikan peluang bisnis menjanjikan. 

Budidaya kutu air dengan mudah 

Bagi yang ingin mencoba peluang bisnis ini atau sekedar ingin membuat pakan ikan sendiri di rumah, Anda dapat mencobanya dengan mengikuti cara ternak kutu air di bawah ini :

1. Carilah bibit berkualitas 

Saat Anda ingin budidaya hewan ini, hal pertama kali harus kalian lakukan adalah mencari bibit  berkualitas. Untuk menemukannya pun terbilang cukup mudah, bisa melalui e-commerce, mencari di alam terbuka, di tempat budidayanya langsung, atau bahkan membuat sendiri. 

Apabila ingin membuatnya sendiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini :

  • Siapkan sayuran busuk, teh atau susu, dan ampas kedelai. 
  • Cucilah sayuran busuk lalu masukkan ke wadah berisi bahan-bahan diatas.
  • Diamkan hingga 1 minggu sampai sayuran busuk turun ke dasar kolam atau hingga muncul bibit berkualitas.
  • Jangan biarkan terpapar sinar matahari secara langsung. 

2. Pilihlah media yang cocok untuk pembiakan

Untuk media yang digunakan, siapkan kolam berukuran sedang yang terbuat dari fiber. Apabila tidak ada gunakanlah bak atau ember berbahan plastik berukuran besar. Anda juga bisa menggunakan kulkas bekas berukuran kecil.

Sebelum mengisi wadah dengan air, taburkan kapur agar bisa menetralkan tingkat keasaman. Kemudian barulah isi dengan air yang cukup banyak agar bibit tetap bertahan hidup. 

3. Perhatikan kualitas air

Sebelum memasukkannya ke dalam wadah, periksa terlebih dahulu kualitas airnya. Gunakan air tua untuk hasil terbaik. Anda juga perlu mengganti apabila sudah berwarna coklat kehijauan, karena saat berwarna demikian artinya plankton dan tumbuhan renik telah tumbuh di wadah. 

4. Pemberian pupuk

Setelah bibit dimasukkan ke dalam ember, Anda perlu memberikan makan agar kembang biaknya bagus. Gunakan pupuk kandang sebagai makanannya, apabila tidak ada bisa menggunakan alternatif lainnya seperti pupuk buatan. Selain itu, Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan seperti tepung terigu, dedak, tepung tapioka, limbah cair tahu, ragi, dan eceng gondok. 

5. Musim panen

Setelah menunggu selama 10 – 11 hari, hewan ini dapat dipanen dengan menggunakan jaring halus. Seusai mengambilnya, cuci hingga bersih. Setelah itu Anda pun dapat menjadikannya sebagai pakan ikan. 

Keuntungan dari budidaya pakan 

Hewan yang dapat menyebabkan gatal-gatal ini dapat dijual dengan harga Rp. 40 ribu per bungkus plastik dengan isi 150 ekor jenis daphnia magna. Sedangkan untuk jenis chydorus dijual dengan harga Rp. 25 ribu per satu bungkus. Omset dari budidaya pakan tersebut dapat mencapai Rp. 1 juta hingga Rp. 2 juta.

Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Umum Dengan Mudah Dan Simple

Itulah beberapa cara ternak kutu air yang bisa dipraktekkan, cukup mudah bukan?. Selamat mencoba!