Cara Membuat Jurnal Umum Dengan Mudah Dan Simple

hondavfrclub.or – Bagi sebagian orang yang baru belajar tentang pembuatan jurnal umum mungkin akan menghadapi beberapa kesulitan. Hal ini biasanya karena masih kurang paham dalam mengerjakannya. Bila Anda menghadapi permasalahan tersebut, simak cara membuatnya dengan mudah dan simple dengan beberapa langkah berikut ini agar pekerjaan Anda selesai lebih cepat dan benar. 

Langkah Membuat Jurnal Umum

Beberapa step yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut ini :

1. Memahami persamaan akuntansi

Kunci pembuatan jurnal secara benar adalah dengan memahami persamaan dasar akuntansi. Persamaan tersebut adalah :

Utang + Modal + (Pendapatan – Beban) = Aset

Disini Anda harus tahu pengelompokan setiap akunnya agar masuk ke pos yang benar. Bila dalam memasukkan saja sudah salah, hasilnya pasti akan salah. Selain itu Anda juga harus paham berapa saldo normal untuk setiap akun. Dengan menguasai hal tersebut, Anda akan dengan mudah mengelompokannya dengan tepat. 

Anda perlu banyak berlatih dan mengingat setiap akun dan pengelompokannya agar pengerjaan semakin cepat. Semakin Anda hafal, pekerjaan Anda akan lebih cepat pula terselesaikan dengan lebih mudah dan tepat tanpa banyak memakan waktu. 

2. Mengumpulkan Bukti Transaksi

Di langkah kedua ini Anda sudah diminta untuk mempraktikkan penulisan transaksi. Caranya adalah dengan mengumpulkan bukti. Bila sebuah transaksi tidak memiliki bukti, Anda tidak bisa mencatatnya di jurnal. Bukti transaksi biasanya dapat berwujud kuitansi, faktur, invoice, nota dan lain sebagainya. semuanya harus disimpan dengan aman dan rapi sehingga tidak ada yang hilang. 

3. Mengidentifikasi Transaksi

Setelah semua bukti transaksi telah terkumpul, inilah saatnya untuk Anda mengidentifikasi setiap transaksi. Pastikan bila transaksi yang Anda catat hanya yang mengakibatkan perubahan posisi keuangan dan dapat dinilai dengan satuan uang. 

 

Lakukan identifikasi ini secara teliti agar pencatatan dan juga hasilnya benar dan tepat. Agar lebih mudah menentukan pengaruh terhadap posisi keuangan, Anda dapat menggunakan persamaan Aset = Utang + Modal. 

4. Pencatatan 

Langkah yang paling akhir adalah pencatatan dalam jurnal yang lebih dikenal dengan istilah penjurnalan. Nantinya setiap transaksi yang dicatat akan mempengaruhi dua posisi keuangan yaitu debit dan kredit dalam jumlah yang sama. Dalam dunia akuntansi hal ini sering disebut dengan double-entry system. 

Langkah ini mungkin masih terasa membingungkan bagi Anda yang pemula namun harus dicoba agar terbiasa. Saat Anda sudah berkali-kali melakukannya, tentu saja akan semakin mahir dan cepat. Pastikan di awal pertama Anda paham dengan dasar-dasar akuntansi. Hal ini menjadi modal utama yang penting. 

Baca Juga : Cara Menghitung Persen Cepat dan Mudah Diaplikasikan

Di jaman modern seperti ini Anda juga akan mendapatkan banyak kemudahan dalam pembuatan jurnal umum. Ada berbagai aplikasi atau software yang siap digunakan dan dijamin keakuratannya. Segeralah mempraktikkan beberapa langkah diatas agar lebih paham dan mendapatkan hasil kerja yang memuaskan. Semoga membantu Anda dan membuat Anda semakin lancar dalam bekerja.