Cara Membuat CV dengan Bailk Dan Benar

hondavfrclub – CV atau “Curriculum Vitae” merupakan salah satu dokumen penting yang berisikan sebuah informasi mengenai riwayat hidup seseorang. Termasuk dalam profesi, prestasi, riwayat pendidikan, pengalaman, dan ketrampilan seseorang. CV sendiri sebenarnya memiliki perbedaan jenis, jika dibedakan berdasarkan tujuan pembuatan. Mulai dari CV yang sesuai dengan kebutuhan akademis maupun professional.

CV memang sering kali dibutuhkan seseorang untuk melamar pekerjaan, magang, beasiswa, dan beberapa tujuan lainnya. Dokumen tersebut memang dibutuhkan oleh pihak terkait, karena untuk mengetahui daftar riwayat hidup seseorang secara detail. Namun pembuatan CV sering kali tidak hanya dinilai dari kemenarikan isinya saja. Tetapi juga dari seluk-beluk tehnik pembuatanya.

Cara Membuat CV dengan Baik Dan Benar

1. Mencantumkan Informasi Yang Mendukung

Pembuatan curriculum vitae perlu didasari dan dicocokkan dengan tujuan pembuatan, sebagai contohnya jika untuk melamar pekerjaan, Anda perlu mengisi CV dengan informasi pendukung seperti skill, yang sama dengan posisi dari pekerjaan tersebut. Informasi ini bisa berupa sebuah pencapaian maupun informasi lain yang sekiranya bisa mendongkrak bobot dari CV itu sendiri.

2. Maksimal 2 Halaman

Untuk ukuran sebuah dokumen, pembuatan curiiculum vitae tidak perlu dibuat dalam banyak-banyak halaman. Setidaknya buat maksimal sebanyak 2 halaman saja. Jadi untuk isi yang terlalu berlebihan juga tidak memberikan kesan yang terlalu baik. Pastikan anda mencantumkan semuanya dengan singkat, padat, dan jelas. Agar 2 halaman tersebut sudah mencakup keseluruhan dari data diri yang dimaksud.

3. Desain Yang Bersih Dan Simple

Banyak orang yang berusaha menghias dokumen mereka agar menjadi lebih indah dan terlihat lebih berniat tinggi. Namun untuk sebuah dokumen dengan desain yang berlebihan bisa membuat hasil lebih terlihat aneh. Sebagai contohnya pada saat menggunakan template CV. Jadi pergunakan desain yang lebih simple, mulai dari biground dan jenis font. Pastikan pula agar warna font tidak kontras dengan biground yang Anda pilih.

4. Isi Dengan Jujur

Sekecil apapun dan sedikit apapun pengalaman yang Anda miliki di bidang tersebut, namun tetap masukan data diri, pengalaman, maupun skil yang sesuai dengan kemampuan. Dan jangan melebih-lebihkan informasi yang tidak sama dengan kenyataan. Sebab kejujuran di awal menjadi sebuah keutamaan untuk hasil akhirnya. Anda tidak perlu insecure dengan pengalaman anda yang sedikit, karena belum tentu mempengaruhi hasil akhirnya.

5. Gunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami

Untuk memudahkan orang lain membaca dokumen Anda, pergunakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh setiap orang. Sebab kesulitan dalam bahasa yang digunakan akan mempengaruhi kepahaman si pembaca. Kecuali dokumen tersebut sudah ditentukan dari pihak perusahaan, untuk menggunakan sebuah sitilah-istilah atau bahasa tertentu.

Baca Juga : Juventus Tolak Juara Jika Seria Di Tunda

Itulah beberapa cara membuat CV dengan baik dan benar, agar bisa menghasilkan simpulan daftar riwayat hidup yang sesuai standard pembuatan. Sehingga bisa anda pergunakan untuk kebutuhan melamar pekerjaan, atau kebutuhan-kebutuhan lain. Yang berkaitan dengan pembuatan cv tersebut sebagai persyaratan yang berlaku.