Cara Hemat Berlibur ke Karimunjawa Tanpa Paket Tur

Cara Hemat Berlibur ke Karimunjawa Tanpa Paket Tur

Kalau ditanya, dimanakah destinasi mantai di Jateng yang punya pasir putih dan airnya jernih, dapat untuk snorkeling? aku hanya punya satu jawaban: Karimunjawa!

Pulau Karimunjawa terdapat di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Memiliki daratan yang terpisah, lebih kurang 80 KM berasal dari Jepara, kota yang berjarak lebih kurang 2 jam berasal dari Semarang. Jumlah pulaunya tersedia lebih kurang 27 yang nyebar, dan sebagian pulaunya jadi destinasi tenar yang dikunjungi wisatawan. Sudah jadi Taman Nasional, pulau yang digandrung sebagai karibia-nya Jawa ini sudah tenar jadi tidak benar satu destinasi nusantara yang menarik wisatawan domestik sampai mancanegara.

Pasir putihnya pancen memesona, warna airnya memanjakan mata, dan bawah lautnya termasuk kaya spesiesnya.

Kalau kamu berencana ke karimunjawa dan mencoba googling atau melacak tagar di sosial media, aku dapat memastikan, kamu akan menemukan banyak Info yang menawarkan jasa paket wisata.

Ternyata, berwisata ke karimunjawa enggak mesti turut tur kok. Ala backpacker pun bisa.

Beberapa saat lalu (sudah lama kayaknya, baru sempat aku bagikan pengalamannya di blog :D) aku diberi kesempatan jalan-jalan ke Karimunjawa secara mandiri, ala backpacker tanpa ikutan paket trip dengan mengendarai motor berasal dari Pekalongan. Kami berangkat ber-4, disana disana ketemu rekan-rekan Backpacker Nusantara yang kita sudah janjian. Jadinya ber-tujuh. Kami ngegrup dan mengatur perjalanan kita sendiri.

Jalan-jalan tanpa agen wisata selain saat kita lebih fleksibel, bebas berkenan kemana saja, termasuk lebih menghemat biaya. Perjalanan kita sungguh rewarding, sesampainya disana, wih, pesonanya buat kesusahan move on! karimun jawa

Nah, mungkin kalian berencana nikmati keindahan pulau ini setelah pandemi, dapat review tips tersebut ini

Baca juga: Jalan-jalan Hemat Ke Malang di dalam 6 Hari (Destinasi dan Budget)

Cara Menuju ke Karimunjawa

Banyak pilihan moda transportasi untuk menuju ke Karimunjawa, dan biasanya sesungguhnya menentukan standby dengan memulainya berasal dari pelabuhan Kartini Jepara.

Bisa termasuk berangkat berasal dari pelabuhan Semarang, tetapi jadwalnya terbatas dan tidak selengkap berasal dari Jepara.

Jika teman-teman naik kereta, turunlah di stasiun Semarang, konsisten berasal dari Semarang dapat lanjut naik bus ke Jepara lebih kurang 20 ribu. Kamu dapat minta untuk diturunkan di dekat pelabuhan Kartini. Dari Semarang ke Jepara memakan saat lebih kurang 2 jam.

Nah, kecuali pengalaman kita sih karena mengendarai motor berasal dari Pekalongan, lebih kurang 3-4 masa saja (belum dihitung istirahat), jadi langsung ngegas menuju ke pelabuhan, sampai sana dini hari, leyeh-leyeh, ngopi-ngopi, lalu mengantri belanja tiket kapal ekonomi yang murah.

Bela-belain ke Pelabuhan berasal dari jam 2 pagi! haha. Dan disana menjadi ketemu rombongan warga yang bwaanyak ngantri juga.

Hal yang mesti kamu ketahui sebelum ngetrip ke Karimunjawa tanpa tour

a. Wajib paham jadwal keberangkatan kapal
Sebelum ngetrip, pastikan riset dulu. Saya menemukan sebagian wisatawan yang terpaksa mesti menginap pernah di sekitaran Jepara karena nggak paham jadwal keberangkatannya. Kalau kalian berangkatnya berasal dari Semarang (Pelabuhan Tanjung Mas) hanya tersedia sekali di dalam seminggu yakni hari Jumat pukul 8 pagi, dan Karimunjawa – ke Semarang Minggu jam 11.

Jadwal keberangkatan berasal dari Pelabuhan Kartini Jepara, dapat diperiksa webnya disini.

b. Tarif Kapal
Untuk tarif KMP Siginjai kelas Ekonomi berkisar antara 78 ribu – 95 ribu dengan durasi perjalanan 4 jam. Dulu kapal inilah yang kita naiki. Karena kita bawa motor dan kita bawa dengan feri, kita dikenakan tarif tambahan 75 ribu per motor.

Kalau teman-teman naik KMC Express Bahari menuju Karimunjawa, tarifnya untuk harga Eksekutif lebih kurang Rp162.000 saat kelas VIP Rp192.000. Memang lebih mahal, tetapi tentu saja ini lebih cepat nyampenya.

 

c. Wajib hukumnya untuk cek cuaca dahulu sebelum pergi, jangan tidak benar menentukan waktu

karimunjawa

Jangan lupa untuk tetap cek website BMKG. Untuk cuaca tertentu kadang ombaknya besar. Waktu itu kita datang bulan Juli dan lumayan lancar sih.

Waktu terbaik ke karimunjawa? kecuali dapat menjauhi bulan Desember, Januari atau februari. Biasanya di bulan-bulan tersebut ombak ulang besar. Banyak yang memberi saran antara bulan April-Juni.

d. Penginapan
Ada banyak tipe penginapan disana. Dan tentu saja varian harganya. Kalau pengalaman kita sih menginap di Homestay Asia Jaya. Murah cuman 90 ribu permalamnya.

e. Wajib banget turut Island Hopping!

 

Nah, meski judulnya backpacker, rasanya kurang lengkap kecuali ke karimunjawa tanpa menjelajahi pulau-pulaunya (island hopping). Justru ini suguhan ngetrip di Karimunjawa yang paling inti.

Kemarin kita nebeng mirip pemilik homestay, tarif tour lautnya 175 ribu per orang dan disitu sudah lengkap fasilitasnya. Keliling pulau seharian sampai sore, disewakan peralatan snorkeling dan termasuk BBQ-an. Hampir mirip lah seperti sarana yang turut tour. Sangat worth it!

f. Transportasi disana
Karena kita membawa motor yang sekalian kita bawa naik ke kapal, jadi disana tinggal isi-isi bensin saja. Kalau kalian berkenan sewa motor kisaran 75 ribuan perhari.

g. Lain-lain
Jangan lupa bawa sunblock . Ada listrik nggak? Terang benderang bos. ATM? Ada. Sepengetahuan penulis baru tersedia ATM BRI. Sinyal?Waktu itu provider aku lancar-lancar saja sih.

h. Kondisi Jalan di karimunjawa
Jalanan di karimunjaa sudah mulus. Aspal. Mau nyari keperluan sehari-hari untuk keperluan wisatawan termasuk tersedia kok. Warga disana termasuk ramah-ramah banget.

Baca juga: Tips Jalan-jalan Hemat ke Nusa Penida

3. Obyek wisata yang dapat dinikmati di karimun jawa

Yang tentu mantaai. Selama 4 hari 3 malam, lebih kurang ini yang kita kunjungi:
Pulau Menjangan Kecil

Snorkelingan

Cemara Kecil

Sunsetan di Tanjung Gelam

Pantai Anora

Bukit Love

Mangrove

Kulineran di alun-alun Karimunjawa

Nonton pembuatan kapal dengan warga

Keliling motoran eksplor pulau

4. Estimasi cost berwisata ke Karimunjawa ala backpacker

Kira-kira tersebut rincian budget kasar yang aku keluarkan untuk trip 4 hari 3 malam

Tiket Feri Siginjai PP(*) 200k
Tour Laut seharian 175K
Homestay 3 Nights 150k
Bukit Love 20K
Makan 3 hari x 40k 120k
Motor Feri 75K
Bensin PP 100K
————————————————–+
Rp. 840.000

*Nah kecuali misal kamu berasal dari Jakarta dan naik kereta, tinggal diperkirakan saja budget kereta ke Semarang.

*Karena saat itu kita nggak berkenan antre, mengular banget antreannya berasal dari dini hari, kita berharap tolong Bapak yang standby disana, untuk membelikan tiket penyebrangan. Kami nitip jadi 100ribuan One way.

*budget ini pastinya nggak mutlak untuk tiap-tiap traveler. Pengeluaran aku terbilang tidak mahal karena naik motor. Tergantung mulainya darimana, berasal dari rombongan termasuk mirip tipe penginapan dan transportasinya.

Kalau ngomongin pulau di jawa, aku akui, Karimunjawa sesungguhnya tidak benar satu yang terbaik.

Nah, lebih kurang itulah yang dapat aku bagikan. Semoga berfaedah untuk kamu yang berencana ke Karimunjawa setelah dibuka yah. Khususnya buat yang pertama kali inginkan backpackeran kesana tanpa turut paket wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.