Tips Belanja Bulanan Agar Tidak Boros

Tips Belanja Bulanan Agar Tidak Boros

Awal bulan adalah saat yang tepat untuk isi perlengkapan rumah dan dapur dengan belanja bulanan. Walau sudah biasa dilakukan setiap bulan, pasti kamu sering merasa lebih boros setiap selesai berbelanja bulanan.

Memang, mengatur keuangan itu susah-susah gampang. Seberapa pun pendapatan yang didapatkan jika kamu tidak memiliki pengelolaan yang baik saat belanja bulanan, tentu saja akan membuat kamu kesulitan di kemudian hari.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi pengeluaran supaya tidak boros saat melakukan belanja bulanan? Yuk, ketahui tips yang sudah Food.id siapin di bawah ini, dijamin kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan rumah dan dapur dan memiliki sisa uang yang lebih!

TIPS HEMAT BELANJA BULANAN

1. Buat Anggaran Bulanan

Tips pertama yang perlu kamu coba adalah dengan membuat anggaran. Anggaran ini bertujuan supaya bisa memenuhi kebutuhan kamu selama satu bulan. Kamu perlu menentukan juga berapa nominal uang yang dibutuhkan tiap kebutuhan tersebut.

Setelah membuat anggaran, maka kamu bisa fokuskan anggaran itu khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Jangan lebih dan jangan kurang.

Dengan membuat anggaran yang ketat ini, maka kamu bisa fokus dalam memenuhi kebutuhan yang ditetapkan sesuai dengan anggaran sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan tersebut belanjahemat.id .

2. Buat Daftar Belanja

Setelah membuat anggaran bulanan, kamu bisa mulai membuat daftar belanja bulanan. Kamu bisa mencatat apa saja yang sudah habis dan diperlukan di rumah dan dapur. Ingat, utamakan kebutuhan daripada keinginan.

Dengan membuat daftar belanja ini maka kamu bisa mencocokkannya dengan anggaran yang kamu miliki di awal. Selain itu, daftar belanja ini juga akan membuat kamu terhindar dari membeli barang yang belum diperlukan di rumah.

Mulailah catat dengan barang yang lebih penting dulu lalu berlanjut ke barang yang bisa ditunda pembeliannya.

3. Bandingkan Harga Sebelum Membeli

Supaya belanja bulanan kamu tidak boros, usahakan untuk mulai membandingkan harga barang di beberapa toko. Kamu harus rajin dalam mengecek harga baik secara online atau offline.

Jangan ragu untuk mengecek harga di beberapa toko, apalagi toko grosir, karena biasanya toko grosir akan memberikan harga barang yang lebih murah dengan jumlah pembelian yang lebih banyak. Tentunya, ini akan membuat kamu lebih hemat saat tiba waktunya belanja bulanan.

4. Catat Pengeluaran

Salah satu tips belanja bulanan hemat yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan rajin mencatat pengeluaran. Dengan mencatat pengeluaran maka akan membantu kamu dalam banyak hal.

Pertama, kamu dapat mengetahui berapa jumlah pengeluaran yang paling besar. Kedua, kamu bisa mengawasi arus kas setiap bulan. Dan ketiga, kamu bisa memprioritaskan mana keperluan yang bisa dikurangi atau dicari alternatif harga yang lebih murah dari produk yang sama.

5. Belanja Secara Grosir
Siapa bilang kalau membeli barang dalam jumlah banyak saat belanja bulanan itu malah boros? Justru sebaliknya. Dengan membeli barang dalam jumlah banyak atau grosir, maka kamu dapat menghemat pengeluaranmu.

Salah satu contoh ringannya adalah jika kamu membeli satu bungkus mi dengan harga Rp3.000 setiap hari selama sebulan berturut-turut, maka uang yang akan kamu keluarkan adalah Rp90.000. Namun, jika kamu langsung membeli satu dus sekaligus maka kamu bisa mendapatkan harga yang lebih rendah. Tentunya lebih menghemat pengeluaran kamu selama satu bulan.

Supaya lebih hemat dalam pengeluaran, kamu bisa mulai berbelanja secara grosir di aplikasi Food.id loh. Di sini kamu bisa mendapatkan kebutuhan rumah dan dapur yang lengkap dengan harga yang lebih murah!

6. Dahulukan Kebutuhan Daripada Keinginan

Tidak boros dalam belanja bulanan sangat mudah dilakukan jika kamu bisa mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Memang tidak mudah, tapi Food.id punya tips untuk melatihnya.

Mulai dengan membiasakan diri untuk belanja sesuai dengan daftar yang kamu buat sendiri
Jika ingin membeli sesuatu maka masukkan ke dalam barang yang tidak termasuk kebutuhan. Jangan langsung dibeli, pikirkan dahulu selama 1-2 hari
Sebelum membeli barang, tanyakan ke diri sendiri apa manfaat dari membeli barang tersebut dan kenapa harus dibeli
Mulailah membiasakan diri untuk tidak membeli makanan secara online.

7. Bijak Pakai Kartu Kredit

Ketika kamu memilih untuk menggunakan kartu kredit untuk pembayaran, maka kamu harus bijak dalam memakainya. Jika kamu memakai kartu kredit dengan bijak, kamu pasti bisa merasakan manfaat dan keuntungan yang ditawarkan.

Biasanya kartu kredit akan memberikan penawaran diskon atau promo seperti cashback, cicilan 0% dan point rewards yang dapat ditukarkan untuk belanja lagi.

Sebagai pengguna kartu kredit, kamu juga harus memahami manfaat dan risiko sebelum menggunakannya supaya kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

8. Manfaatkan Diskon dan Promo

Di hari-hari tertentu, biasanya supermarket atau e-commerce menawarkan banyak promo diskon. Diskon yang diberikan biasanya dapat berupa potongan harga, beli 1 gratis 1, bahkan diskon potongan ongkos kirim untuk toko online. Dengan banyaknya promo yang ditawarkan, kamu bisa memanfaatkannya dengan baik saat akan berbelanja bulanan. Cari tahu, apakah produk yang ada di dalam daftar belanja kamu sedang diskon. Jika iya maka kamu bisa mendapatkan produk sedikit lebih banyak dengan harga yang murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.